Mengatasi Masalah Gatal dan iritasi di kulit

Advertisement

Cara Mengatasi Masalah Gatal dan iritasi di  kulit

Gatal dan iritasi pada kulit bisa menyerang siapa saja. Hal tersebut bisa terjadi karena permukaan kulit terkena jamur, alergi, virus, gigitan serangga, hingga bulu ulat dan gelugut bambu.
Untuk menghilangkan gatal, biasanya kita akan menggaruk tepat di tempat yang gatal. Tetapi, menggaruk terus menerus kulit tidak baik pada permukaan kulit karena dapat menimbulkan luka atau iritasi. Bisa jadi, hal itu malah menimbulkan masalah baru karena kulit yang iritasi akan mudah terkena virus dan kotoran lain.
Selain menggaruknya, solusi lain untuk mengatasi gatal adalah dengan mengoleskan minyak penghilang gatal. Tetapi, biasanya cara tersebut kurang berhasil.
Nah, berikut adalah alternatif lain yang bisa anda gunakan saat merasakan gatal atau iritasi pada kulit. Obat gatal alternatif ini adalah bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah Anda gunakan diantara nya adalah :
Tanah liat
Tanah liat yang sehari-hari diinjak-injak ternyata memiliki manfaat untuk obati gatal dan iritasi pada kulit, terutama membantu menyembuhkan rasa gatal karena sengatan atau gigitan binatang. Tanah liat dapat menarik racun dari kulit dan akhirnya mengurangi rasa sakit.
Cara menggunakannya, campurkan tanah liat dengan air dalam mangkuk hingga kentalnya seperti selai kacang. Kemudian, oleskan pasta ke tempat yang gatal, barkan kering dan bilas. Anda juga dapat menggunakan kain kasa dengan cara membalutnya.
Lidah buaya
Lidah buaya telah dikenal sebagai obat hampir semua jenis iritasi kulit, termasuk gatal dan iritasi.
Cara menggunakannya, ambil gel lengket yang berada di tengah-tengah lidah buaya dan langsung gosokkan gel pada kulit yang gatal atau iritasi
Daun peppermint
Daun peppermint bagus untuk hilangkan gatal karena memberikan sensasi dingin sehingga menurunkan pembengkakan dan peradangan.
Anda tinggal menggosokkan daun peppermint pada kulit yang iritasi atau gatal. Setelah itu, bilas dengan air putih.
Daun kemangi
Daun kemangi mengandung zat anti-gatal yang disebut kapur barus dan thymol. Daun kemangi juga mengurangi keinginan untuk menggaruk bagian tubuh yang gatal. 
Sama seperti daun peppermint, Anda tinggal menghancurkan daun tesebut dan menggosoknya langsung ke kulit.
Oatmeal
Oatmeal mengandung zat avenanthramides yang dapat mengurangi peradangan. Karena itu, ia juga dapat menjadi obat iritasi dan gatal.
Cara menggunakannya, tambahkan air pada oatmeal hingga kental seperti pasta. Oleskan pasta tersebut ke area gatal dan iritasi.
Cuka sari apel
Cuka sari apel adalah zat antiseptik, anti-jamur dan anti-bakteri yang efektif mengurangi gatal, terutama yang berhubungan dengan kulit kering.
Cara menggunakannya, teteskan cuka sari apel ke kapas atau kain lap lalu oleskan pada daerah yang terkena iritasi atau gatal. Cuka sari apel juga dapat dicampurkan dengan tanah liat. Jadi, ganti air sebagai campuran tanah liat dengan cuka sari apel.

SEKIAN DAN TERIMAKASIH

Mengatasi Masalah Gatal dan iritasi di kulit Rating: 4.5 Written By: Nur Hasan

No comments:

Post a Comment


Advertisement